mencari vitamin a dengan aneka jenis makanan

Senin, 16 Agustus 2010

VITAMIN A, dikenal dengan nama Retinol atau Asam Retinoik. Vitamin A adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Molekul lemak pulalah yang mengantarkan vitamin ini ke seluruh bagian tubuh. Artinya bila kita tidak mengkonsumsi lemak sama sekali, maka kita tidak bisa mendapatkan manfaat vitamin tersebut.
Mengingat bahwa tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin A, maka satu-satunya cara adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Vitamin ini bisa didapat dari makanan yang berasal dari hewan maupun dari tumbuhan. Sebenarnya bukan vitamin A yang dikandung sayuran tersebut, tapi beta karoten. Beta karoten inilah yang kemudian diubah tubuh menjadi vitamin A.
Makanan yang mengandung vitamin A antara lain telur, daging, susu, keju, hati, ginjal serta minyak ikan Cod dan Halibut. Semua makanan ini mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Karena itu waspadai asupan makanan Anda.
Bila ingin mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A dan bebas lemak, segeralah memakan sayur-sayuran. Sayuran berwarna hijau terutama bayam amat banyak mengandung beta karoten. Demikian juga dengan wortel, labu, brokoli, pepaya, mangga, aprikot, paprika merah, dan lain sebagainya. Semakin tua warna sayuran tersebut, semakin banyak kandungan beta karotennya.
Vitamin A sangat berguna untuk penglihatan, terutama di malam hari. Juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh, pembentukan dan pemeliharaan sel-sel kulit, saluran pencernaan dan selaput kulit. Meski tak banyak orang yang tahu, vitamin A sebenarnya ikut mempengaruhi pertumbuhan gigi dan tulang belulang yang sehat.
Untuk pria (remaja & dewasa) membutuhkan 1000 mikrogram RE/hari. Sedangkan wanita (remaja & dewasa) hanya membutuhkan 800 mikrogram RE/hari. R E berarti Retinol equition yaitu standar ukuran untuk vitamin A. Daripada repot menghitung, makan saja makanan Anda dengan komposisi yang seimbang.
Yang pasti untuk 1 hari dibutuhkan: 1 buah wortel ukuran sedang, atau 1 ons emping jagung (cornflakes) plus 1 cangkir susu plus 1 cangkir daun bayam.
Kekurangan vitamin A bisa menimbulkan kerentanan pada penyakit-penyakit infeksi dan gangguan penglihatan.
Sementara kelebihan vitamin A bisa menimbulkan ‘keracunan’ yang berakibat tulang rapuh, nyeri pada persendian, sakit kepala, kelelahan, rambut rontok, dll. Kelebihan beta karoten akan membuat kulit kering, bersisik dan berubah warna menjadi kekuning-kuningan.
Warna kulit akan kembali seperti semula bila kandungan vitamin A dalam tubuh kembali normal. (berbagai sumber/dmaro)

0 komentar: